Wednesday, February 27, 2019

Cara Merawat Kulkas yang Baik


Service kulkas menjadi solusi terbaik kalau mesin penyimpan makanan Anda bermasalah. Kerusakan yang umum terjadi antara lain suara kompresor terlalu keras, makanan lebih mudah busuk dan lain-lain. Agar kulkas di rumah Anda awet dan tahan lama, sebaiknya aplikasikan cara merawat kulkas berikut ini. 

1. Pastikan selalu menutup rapat pintu kulkas
Hal pertama yang sering menjadi kebiasaan buruk adalah Anda tidak menutup pintu kulkas dengan rapat. Cek kembali apakah pintu kulkas sudah tertutup rapat untuk mengindari kebocoran udara dan menjaga suhu di dalam kulkas tetap dingin. 

2. Mengisi kulkas sesuai kapasitas
Anda baru saja membeli kulkas beberapa bulan saja tetapi pintu sudah mulai rusak. Kenapa ya? Bisa jadi kesalahan yang dilakukan adalah mengisi kulkas melebihi kapasitas. Hal ini bisa menyebabkan sirkulasi udara di dalam kulkas terganggu termasuk merusak pintu kulkas yang diisi botol minuman berat.

3. Mengatur temperatur suhu secara rutin
Kulkas mudah sekali rusak dan perlu jasa service kulkas kalau Anda lalai mengatur temperatur suhu setelah pemadaman listrik. Sebaiknya atur suhu secara berkala 4 derajat celsius sedangkan suhu freezer 0 derajat celsius. Pengaturan suhu yang berkala ini untuk mencegah makanan mudah basi termasuk menjaga es di dalam freezer tidak mudah cair. 

4. Hindari memasukkan makanan atau minuman panas
Makanan atau minuman panas bisa membuat temperatur dalam kulkas berubah drastis. Kulkas akan bekerja lebih keras guna mendinginkan suhu sehingga mesin kulkas mudah rusak. Selain itu, makanan atau minuman panas akan mudah basi jika dimasukkan dalam kulkas. Bisa jadi makanan atau minuman ini akan membahayakan kesehatan Anda lho!

5. Meletakkan kulkas di dekat kompor gas
Jika dapur rumah Anda tidak begitu luas, sebaiknya tetap atur peletakkan kulkas agak jauh dari kompor gas. Pasalnya, suhu panas dari api kompor gas bisa mempengaruhi kinerja kulkas di dapur. 
Selain itu, buat jarak sekitar 20 sentimeter dengan dinding agar kondensor bisa bekerja maksimal. Jangan letakkan di dekat jendela yang bisa saja terpapar sinar matahari secara langsung.

6. Menjaga suhu kulkas saat listrik padam
Kalau listrik padam, sebaiknya Anda tidak terlalu sering membuka pintu kulkas. Hal ini yang menyebabkan makanan atau minuman mudah basi dan kulkas menjadi rusak. Daripada memakai jasa service kulkas terlalu sering, sebaiknya Anda mulai menghilangkan kebiasaan buruk ini. Tutup pintu kulkas agar bahan makanan di dalamnya tetap dalam kondisi dingin selama listrik padam. 

7. Rutin membersihkan bagian dalam kulkas
Membersihkan bagian dalam kulkas harus dilakukan secara rutin ya! Anda bisa menggunakan lap bersih dan cairan pembersih untuk membersihkan rak dalam kulkas. Sebaiknya lepaskan terlebih dahulu dan pasang kembali saat kulkas benar-benar kering. 

8. Membersihkan kondensor
Bersihkan area kondensor yang ada di belakang kulkas menggunakan lap bersih. Penumpukan debu berbulan-bulan pada kondensor bisa mempengaruhi kinerja sehingga mesin kulkas mudah sekali rusak. 

9. Cabut colokan kulkas saat tidak dipakai
Jika Anda berencana bepergian atau tidak menggunakan kulkas dalam jangka waktu tertentu, sebaiknya matikan kulkas ya! Tak hanya bisa membuat mesin kulkas lebih awet, Anda juga turut menghemat daya listrik agar biaya bulanan tidak melonjak. 

Beberapa cara merawat kulkas di atas bisa menjadi bahan rujukan Anda dalam merawat alat elektronik rumah tangga. Memiliki kulkas yang awet dan tahan lama tentu akan menguntungkan dari segi finansial, bukan? Anda tidak perlu membeli kulkas baru atau memanggil jasa service kulkas terlalu sering. Tetapi, lakukan pengecekan dan perbaikan berkala agar kinerja kulkas Anda tetap maksimal. 

1 comment:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    ReplyDelete