Sunday, March 31, 2019

7 Peralatan Pendukung Desain Grafis Yang Wajib Kamu Miliki

sumber : tatajiwa

Bagi kamu yang ingin mulai belajar tentang desain grafis tapi tidak tahu peralatan apa saja yang dibutuhkan. Kali ini kami akan memberikan beberapa tips peralatan yang harus kamu miliki sebelum terjun ke dunia desain grafis. Simak artikelnya berikut ini!

1. Peralatan Menggambar


Sumber : Guraru

Di zaman modern ini, peralatan gambar masih sangat diperlukan oleh para desainer. Karena dengan peralatan gambar akan mempermudah mereka untuk membuat sketsa desain seperti : logo, komik, dan lainnya. Selain dapat membantu mengasah kemampuan dan mengembangkan ide, peralatan gambar merupakan alat yang sangat wajib dimiliki dan menjadi acuan dalam sebuah desain sebelum menuangkan gambar melalui komputer.

Jika kamu hanya ingin menggambar sebuah sketsa siapkan saja peralatan gambar seperti : buku gambar, pensil, penggaris dan juga penghapus kami rasa itu saja sudah cukup. Tetapi ketika kamu sudah berniat untuk masuk kuliah di jurusan DKV atau desain grafis mungkin peralatan gambar yang harus kamu miliki adalah buku gambar A3, penggaris, pensil, penghapus, pensil warna dan cat warna.

2. Panduan Belajar (Buku/Website)


Sumber : Rumahsekolah

Ketika ingin belajar desain grafis secara otodidak kamu bisa mencari panduan tutorialnya lewat website atau buku. Sudah puluhan bahkan ratusan buku yang membahas tentang belajar desain grafis sekarang ini. Kamu bisa menemukannya di perpustakaan atau toko buku seperti gramedia terdekat. Jika budget yang kamu miliki kurang untuk membeli buku coba beralih ke internet dengan kuota atau mencari area free wifi.

3. Komputer/Laptop


Sumber : Androbuntu

Komputer/Laptop sudah menjadi teknologi yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Kamu bisa menggunakan Komputer/Laptop untuk mulai mempraktekkan tutorial yang sudah kamu pelajari. Karena dengan komputer/laptop kamu bisa membuat sebuah karya yang nyata. Perangkat Komputer/laptop yang ingin kamu gunakan untuk mendesain harus didukung dengan spesifikasi berikut : Ram 4GB, VGA yang bagus, HDD 1TB/SSD 500GB. Selain spesifikasi pada komputer/laptop kamu juga perlu menggunakan mouse pad supaya nyaman ketika membuat sketsa dengan mouse.

4. Software Grafis


Sumber : Tutorial

Hal terpenting dalam desain grafis selain komputer/laptop yang mendukung, software grafis juga sangat penting. Bagaimana tidak, coba kamu bayangkan ketika ingin membuat sebuah desain tapi tidak ada softwarenya, pasti mustahil bukan. Ketika ingin menguasai software jangan berambisi untuk langsung bisa semuanya, tetapi kuasai satu persatu dulu, karena setiap software memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda-beda.

5. Pen Tablet


Sumber : Shopee.co.id

Apakah kamu sudah bisa membuat sketsa menggunakan mouse dengan sempurna? Jika belum kami sarankan untuk menggunakan Pen Tablet. Dengan Pen Tablet kamu bisa leluasa menggambar ataupun membuat sketsa yang sempurna tanpa harus kesusahan lagi.

6. Printer


Sumber : PcMag

Untuk kamu seorang mahasiswa jurusan DKV, Printer menjadi alat pendukung untuk mencetak makalahmu, sedangkan bagi kamu yang bekerja freelance printer dapat membantu melihat hasil contoh desain ketika sudah dicetak. Contoh hasil desain yang di print seperti sketsa logo berwarna hitam putih.

7. Modem


Sumber : Shopee.co.id

Alat ini akan membantumu mendapatkan banyak referensi untuk mencari inspirasi jutaan desain di dunia maya ( internet ). Dengan koneksi internet kamu bisa menemukan banyak inovasi baru. Bentuknya yang kecil dan ringan modem sangat mudah digunakan  kapanpun dan dimanapun kamu berada.

Demikian beberapa peralatan yang wajib kamu miliki sebelum memasuki dunia desain grafis. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment