Sunday, March 10, 2019

Laptop Tiba-Tiba Terkunci? Ini Cara Membuka Laptop yang Terkunci


Ketika sedang mengerjakan tugas penting atau sedang menonton film di waktu luang, apa pernah komputer Anda tiba-tiba terkunci dan membeku dan tidak merespons permintaan Anda sama sekali. Sebagian besar orang awam tentunya tidak bisa mengatasi permasalahan yang satu ini. Lantas bagaimana sih cara membuka laptop yang terkunci secara tiba-tiba? Simak ulasan ini. 

Lakukan Restart Pada Laptop Anda
Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika perangkat Anda terkunci secara tiba-tiba adalah dengan melalukan restart. Langkah yang satu ini memang sudah sangat jelas. Namun selama melakukan restart komputer, pastikan jangan pernah Anda sekalipun untuk mencabut flip switch atau steker listrik pada setiap strip dayanya. 

Anda hanya perlu menekan tombol power pada komputer selama kuran lebih 5 hingga 10 detik. Cara yang satu ini akan dapat restart perangkat Anda tanpa adanya gangguan dari daya yang hilang. Setelah melakukan restart laptop, setidaknya ada 3 hal yang mungkin terjadi yaitu perangkat akan baik-baik saja, perangkat meminta untuk boot, dan laptop akan membeku kembali. 

Laptop akan Kembali Baik-baik Saja
Setelah melakukan restart komputer, ada kemungkinan bahwa perangkat Anda akan kembali baik-baik saja seperti semula. Jika ketika dinyalakan laptop Anda dalam keadaan baik, pastikan untuk segera mencadangkan data-data penting yang ada di dalamnya untuk menghindari berbagai hal-hal yang mungkin terjadi dan perangkat Anda berada dalam keadaan yang mengkhawatirkan. 

Laptop Meminta Anda untuk Boot
Setelah melakukan restart, ada kemungkinan bahwa laptop Anda akan mengatakan bahwa ada kesalahan sistem operasi Windows dan menyarankan Anda untuk memulai kembali dengan normal atau berada dalam safe mode. Ada baiknya Anda memulai kembali dengan normal dan segera lakukan pencadangan data Anda agar tetap bisa menggunakan komputer. 

Jika setelah restart komputer Anda kembali membeku, maka Anda bisa memilih opsi boot dalam safe mode dengan menggunakan jaringan. Jika setelah melakukan hal tersebut perangkat Anda tidak membeku lagi maka ada masalah dengan software, namun jika laptop Anda kembali membeku maka kemungkinan besar ada masalah pada sistem perangkat lunak atau keras. 

Tips Dasar Software
Pembekukan komputer yang terjadi sekali atau bahkan konsisten biasanya juga bisa disebabkan karena ulah dari sebuah program. Hal ini dapat dengan mudah Anda atasi dengan cara pintas keyboard CTRL + SHIFT + ESC untuk membuka Windows Task Manager dan pilih Performance. Namun untuk sistem operasi Windows 8 dan 10 membutuhkan klik link yang lebih rinci.  

Dalam kasus yang seperti ini, laptop atau komputer yang membeku secara tiba-tiba juga bisa disebabkan oleh virus. Pasalnya virus juga bisa saja menyebabkan masalah. Untuk itu sangat disarankan bagi Anda melakukan scan terhadap perangkat lunak keamanan Anda demi mengetahui apakah ada sesuatu yang seharusnya tidak ada pada perangkat Anda. 

Namun jika laptop Anda tetap membeku baik setelah boot dalam keadaan normal atau safe mode atau bahkan dengan sistem operasi lainnya maka masalah yang terjadi berasal dari bagian hardware perangkat Anda. Jika masalah terjadi pada bagian hardware biasanya pembekuan sporadis pada awal dan semakin meningkat di kemudian hari. 

Nah di atas merpakan beberapa penyebab dan cara membuka laptop yang terkunci secara tiba-tiba. Sebagian besar orang tentunya akan merasa cemas dan khawatir ketika laptop tiba-tiba membeku. Bahkan kebanyakan dari mereka juga bingung bagaimana cara mengatasinya. Jika laptop Anda mengalami masalah, cari tahu cara mengatasinya sekarang juga di berfaedah.com. 

1 comment:


  1. bingung pulang kerja tidak tahu mau mengerjakan apa
    ayo di tunggu apa lagi segera bergabung dengan kami
    di i/o/n/n/q/q kami tunggu lo ^^

    ReplyDelete