Tuesday, June 25, 2019

Inilah 4 Tips Ampuh untuk Membantu Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak


Tumbuh kembang anak tentu saja harus didukung oleh lingkungan yang baik juga nutrisi dan gizi yang seimbang. Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi anak, maka anak akan tumbuh sehat dan cerdas. Nutrisi yang baik terdapat pada makanan-makanan yang bergizi, seperti pada sayuran, buah-buahan, dan lain sebagainya. Makanan-makanan tersebut memiliki nutrisi yang baik bagi anak, seperti vitamin, mineral, serat, zat besi, kalsium, energy, dan lain sebagainya.

Namun, Anda pasti pernah mengalami kesulitan saat memberikan makanan-makanan bergizi untuk anak Anda. Anak-anak cenderung pemilih dalam memilih makanan. Biasanya, mereka hanya akan memakan makanan favoritnya ketimbang makanan yang terbilang asing. Di sisi lain, rasa dari buah dan sayur itu sendiri memiliki rasa yang kurang ‘sedap’ dan gurih dibandingkan dengan olahan makanan lainnya yang sudah dibumbui dengan berbagai penyedap rasa.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak
Jika asupan nutrisi anak tidak terpenuhi, maka akan terjadi beberapa dampak negatif pada tumbuh kembang anak. Anak akan mengalami berbagai macam masalah kesehatan, seperti gizi buruk, sembelit, mudah terkena infeksi, dan sangat mudah terkena penyakit tidak menular. Hal tersebut tentu saja akan mengganggu tumbuh kembang anak. Katakanlah anak terkena gizi buruk, maka anak tidak akan tumbuh seperti anak-anak seusianya.

Maka dari itu, Anda sebagai orang tua harus mencukupi kebutuhan nutrisi anak semaksimal mungkin. Hal ini bukan tidak mungkin karena Anda bisa mengikuti tips-tips ampuh memenuhi kebutuhan nutrisi untuk anak berikut ini.

1. Memberikan jadwal makan secara rutin 
Hal pertama yang bisa Anda lakukan yaitu memberikan jadwal makan secara rutin. Hal ini tentu saja bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi anak karena tubuh anak dapat memasang alarmnya sendiri untuk kebutuhan makanannya. Misalnya, pada saat sarapan Anda bisa memberikan segelas susu dan satu piring telur rebus dan nasi. Jika Anda disiplin melakukan hal tersebut, maka anak pun bisa menerima nutrisi dengan baik.

2. Memberikan makanan dengan sajian menarik
Jika anak Anda tidak menyukai sayuran, maka Anda dituntut untuk menjadi ibu yang kreatif. Anda bisa menghidangkan sayuran dengan sajian yang menarik. Misalnya, Anda bisa membuat bentuk kucing atau kelinci dari wortel, atau membuat bentuk dinosaurus dari brokoli dan sawi. Dengan cara seperti ini, maka anak akan tertarik untuk makan sayuran sehingga nutrisinya pun akan terpenuhi.

3. Tidak mengiming-imingi dengan makanan lain
Tidak mengiming-imingi dengan makanan lain, maksudnya Ada tidak disarankan untuk memberikan ‘hadiah’ jika Anda tidak mau makan makanan yang sehat dan bergizi. Misalnya, Anda mengatakan kepada si kecil jika ia mau makan buah dan sayur, maka Anda akan memberikannya es krim dan burger kesukaannya. Hal tersebut tentu saja tidak membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Yang ada, anak Anda tidak akan mendapatkan nutrisi yang baik.

4. Memberikan contoh yang baik
Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan cara memberikan contoh yang baik. Anak adalah peniru yang sangat baik, sehingga ia seringkali menirukan apa saja yang dilakukan oleh orang tuanya. Cobalah untuk memakan makanan yang bergizi secara rutin, dan lakukan hal tersebut di depan anak Anda. Seiring berjalannya waktu, anak Anda pun akan mengikuti kebiasaan yang Anda lakukan.

Itulah beberapa tips ampuh untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Nutrisi dan gizi yang seimbang sangat penting untuk pertumbuhan juga kecerdasan anak. Jangan pantang menyerah jika anak belum mau untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi. Masa depannya tentu harus Anda perjuangkan dimulai dari memberinya nutrisi yang baik. 

0 comments:

Post a Comment