Sunday, July 28, 2019

Pertolongan Pertama pada Anak DIare


Saat diare menyerang sang buah hati, orang tua tentu merasakan kesedihan yang sangat karena melihat anaknya menderita. Namun demikian, diare juga bisa memberikan pelajaran kepada sang anak agar tidak sembarangan makan makanan yang tidak bersih. Berikut ini adalah beberapa pertolongan pertama untuk anak yang mengalami diare.

- Kenali Penyakit Diare
Disarankan bagi anda para orang tua untuk mengenali penyakit diare. Hal ini bertujuan agar orang tua bisa memberikan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi anak yang mengalami diare. Diare umumnya disebabkan oleh infeksi saluran pencernaan yang disebabkan oleh virus. Anak-anak mulai usia lebih dari 1 tahun rentan mengalaminya.

Meski bukan termasuk penyakit yang serius, diare membuat pasiennya mengalami lemas karena bisa menimbulkan kekurangan cairan dan mineral. Kondisi ini memicu terjadinya dehidrasi yang bisa berdampak pada kehilangan nafsu makan, pusing, lemas, kram perut hingga demam.

- Intoleransi Laktosa
Pastikan juga anak anda mengalami diare yang disebabkan oleh penyakit intoleransi laktosa. Intoleransi Laktosa adalah ketidakmampuan anak untuk sepenuhnya mencerna laktosa (gula) dalam produk susu. Gejala awal yang ditemukan biasanya anak mengalami diare setelah mengkonsumsi susu. Jika terjadi demikian, anda bisa memberi buah hati agar mengkonsumsi probiotik untuk anak diare dan intoleransi laktosa.

- Perawatan Medis
Jika anak anda tengah terserang diare, maka cobalah untuk melakukan sejumlah perawatan medis. Misalnya dengan memberikan makanan yang aman dikonsumsi, seperti makanan berkuah, susu dan air putih untuk mengatasi kekurangan cairan. Hindari pemberian makanan pedas, berminyak dan berserat tinggi.

Jika semakin parah, hingga mengalami muntah, demam atau diare disertai darah, maka anda bisa membawa anak ke rumah sakit atau menghubungi dokter terdekat. 

- Tindakan Pencegahan
Mencegah lebih baik daripada mengobati, maka lakukanlah hal-hal yang bisa mencegah diare pda anak. Contohnya yaitu dengan memberikan pengertian agar anak mencuci tangan setiap sebelum menyentuh makanan. Selain itu, bisa juga dengan membawakan si kecil bekal dari rumah sehingga ia terhindar dari makanan yang belum tentu baik di luar sana.

Selain tindakan pencegahan diare, anda juga bisa membaca berbagai tips kesehatan lainnya di aplikasi Gue Sehat atau mengunjungi situs guesehat.com.

0 comments:

Post a Comment