Monday, December 30, 2019

6 Kebiasaan yang Bisa Menjadi Penyebab Rambut Rusak


Apa resolusi Anda tahun ini? Pada umumnya, kebanyakan orang selalu ingin yang lebih baik di tahun yang baru ini. Mulai dari segi finansial, karir, hingga penampilan. Bagi Anda yang ingin meningkatkan penampilan Anda, mulailah untuk lebih perhatian dengan badan Anda. Saat ini sudah banyak tips-tips merawat penampilan yang dapat Anda akses dengan mudah, seperti cara mengatasi ketombe hingga cara mengatasi jerawat.

Kebiasaan yang bisa jadi penyebab rambut rusak

Memiliki rambut yang indah, tentunya sudah menjadi keinginan banyak orang. Apalagi bagi kaum hawa. Namun, terkadang dalam merawat rambut ataupun dalam mempercantik rambut, banyak hal yang tanpa Anda sadari malah merusak rambut. Di bawah ini adalah beberapa hal yang mungkin biasa Anda lakukan dan dapat merusak rambut.

1. Menggunakan alat hair styling

Penggunaan alat hair styling seperti catokan apabila digunakan dengan sering dapat menyebabkan rambut rusak. Alat hair styling yang cenderung menghasilkan panas dapat membuat rambut menjadi kering dan bercabang. Rambut yang kering ini dapat membuat rambut mudah patah hingga rontok.

2. Menggunakan produk kimia

Bahan kimia yang terkandung dalam produk perawatan atau penataan rambut seperti serum dan hairspray dapat mempengaruhi kesehatan rambut apabila digunakan terlalu sering. Kerusakan yang biasanya terjadi adalah rambut rontok.

3. Mengikat rambut terlalu kencang

Mengikat rambut memang dapat mempercantik penampilan Anda. Namun, tanpa Anda sadari ketika Anda mengikat rambut terlalu kencang akan membuat rambut mengalami stress pada daerah kulit kepala. Akibat dari kulit kepala yang stress ini akan melemahkan helai rambut sehingga menyebabkan kerontokan.

4. Mencuci rambut terlalu sering

Mungkin kebanyakan orang berpikiran bahwa dengan sering mencuci rambut akan membuat rambut selalu bersih. Bahkan tidak sedikit yang melakukannya sebagai cara mengatasi ketombe. Namun, pada kenyataannya ketika sering mencuci rambut, kulit kepala akan kehilangan kelembaban. Hal ini dikarenakan ketika Anda mencuci rambut, akan terjadi pelepasan minyak alami pada kulit rambut. 

5. Mengikat rambut dengan gaya ‘Cepol’

Mengikat rambut dengan gaya ini memang sedang diminati banyak orang. Gaya rambut yang sederhana ini membuat banyak kaum hawa lebih memilih menata rambut dengan gaya tersebut. Namun apabila Anda mengikat rambut dengan gaya ini terlalu lama malah akan mengganggu pertumbuhan rambut karena folikel rambut yang lemah.

6. Mencabut ujung rambut

Terkadang kebanyakan orang atau mungkin Anda akan merasa sangat gatal dan gemas ketika melihat ada rambut yang bercabang. Tanpa disadari, Anda akan mencabut ujung rambut tersebut. Namun, ternyata dengan mencabut rambut yang bercabang dapat menyebabkan rambut lebih renggang dan berujung malah merusak rambut tersebut. 

Tampil lebih percaya diri dengan memiliki rambut yang sehat dan berkilau dapat Anda wujudkan di tahun yang baru ini. Dengan mengetahui beberapa kebiasaan yang mampu merusak rambut membuat Anda lebih berhati-hati dalam merawatnya. Apabila saat ini rambut terlanjur berketombe, sebaiknya Anda segera menerapkan cara mengatasi ketombe. Begitu pula jika kini Anda tengah berjerawat, maka cara mengatasi jerawat juga harus segera diterapkan agar kulit lebih terawat. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

0 comments:

Post a Comment