Sunday, February 23, 2020

Catat Daftar Makanan yang Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka Diabetes Berikut!


Ketika sedang berkunjung ke rumah sakit dekat rumah iseng juga saya menanyakan berapa banyak pasien yang masuk setiap harinya, ternyata hampir setiap hari ada 20 orang yang masuk ke UGD. Sebagian dari pasien tersebut adalah penderita diabetes mellitus atau biasa disebut sakit gula darah. Diabetes ini seringkali disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, tidak hanya itu ada pula kebiasaan yang sering menjadi pemicu resiko diabetes yaitu kebiasaan merokok. Diabetes dapat terjadi pada semua usia namun seringkali menyerang orang-orang dewasa dan lanjut usia. Banyak sekali resiko komplikasi yang disebabkan oleh diabetes seperti glaucoma, luka gangren atau mati pada jaringan, dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu penderita diabetes yang sudah memiliki luka sangat perlu dilakukan perawatan secara rutin, tidak hanya di rumah sakit tapi juga dapat dilakukan oleh perawat homecare.

Jika tidak memperhatikan kondisi luka tersebut, apalagi luka yang ada pada bagian kaki, sangat rentan untuk mengalami infeksi, bahkan mungkin harus diamputasi jika seandainya luka terus menerus menyebar. Tentunya Anda tidak ingin hal semacam ini sampai terjadi bukan, karena sudah pasti akan menyebabkan kecacatan. Sehingga membutuhkan perawatan secara ekstra, mulai diantaranya adalah dengan rutin membersihkan sampai dengan membawanya ke dokter.

Di samping itu penyembuhan luka diabetes bisa dilakukan dari dalam, yaitu dengan konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, sehingga nantinya akan mempercepat penyembuhan terhadap kondisi tersebut. Penting sekali mengonsumsi makanan yang tepat bagi penderita diabetes melitus ini untuk menyeimbangkan atau mengontrol gula darah dan hal ini berdampak pada penyembuhan luka yang semakin cepat. Berikut ini diantaranya jenis-jenis makanan yang dianjurkan bagi penderita diabetes melitus untuk mempercepat dalam menyembuhkan luka, yaitu:

  1. Karbohidrat kompleks, dibandingkan dengan jenis karbohidrat sederhana yang biasanya dikonsumsi yaitu pada nasi ataupun sejenisnya. Maka tidak bisa dipungkiri jika seandainya karbohidrat kompleks ini jauh lebih sehat, karena memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh dan tidak menyebabkan peningkatan kadar gula yang ada di dalam darah. Biasanya terdapat pada jenis beras merah, oatmeal, roti gandum dan juga sereal.
  2. Kacang-kacangan, faktanya jenis biji-bijian layaknya kacang ini selain mengandung serat yang cukup tinggi juga kaya akan kandungan magnesium, kalium dan juga asam lemak omega3 yang pastinya begitu bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus, karena bisa mempercepat terjadinya penyembuhan luka.
  3. Tomat, sudah tidak dapat dipungkiri jika seandainya buah kecil yang satu ini kaya akan beragam jenis nutrisi, termasuk diantaranya adalah zat besi, vitamin C hingga vitamin E, kesemuanya sangatlah bagus di dalam mempercepat terjadinya penyembuhan luka pada penderita diabetes.
  4. Ikan, khususnya adalah jenis ikan yang tinggi kandungan asam lemak omega 3 nya, selain bagus untuk kecerdasan otak, maka sumber makanan yang satu ini juga bagus untuk seimbangkan kadar kolesterol tubuh, guna mengurangi terjadinya resiko komplikasi dengan penyakit-penyakit berbahaya yang lainnya.
  5. Buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C, seperti diantaranya adalah jeruk, apel, pepaya dan juga jambu air yang mampu untuk mengontrol kadar gula di dalam darah, sehingga bisa menjaga gula darah tetap stabil dan cegah resiko infeksi lebih parah pada luka diabetes.
  6. Sayuran hijau, khususnya yang tinggi kandungan zat besi dan juga bisa stabilkan kadar gula darah, seperti pare, kangkung, mengkudu dan juga terong.

Asupan nutrisi yang tepat nyatanya juga memiliki peran penting di dalam mempercepat terjadinya penyembuhan luka diabetes ini. hendaknya Anda yang sudah terkena diabetes melitus juga mulai menghindari jenis makanan yang tinggi kadar gula, begitu juga dengan rokok sampai alkohol.

0 comments:

Post a Comment