Thursday, September 24, 2020

Kulit Kepala Anda Kering, Inilah Cara Mengatasinya !


 

Kesehatan rambut berkaitan erat dengan kesehatan kulit kepala juga, banyak masalah yang timbul akibat keringnya kulit kepala. Misalnya munculnya ketombe adalah juga merupakan salah satu masalah yang timbul akibat kulit kepala yang kering.

Dermatitis seboroik adalah penyakit kulit yang terjadi di area kulit kepala. Penyakit ini ditandai dengan munculnya ketombe, kulit kepala terasa gatal, sampai dengan kulit kepala menjadi kemerahan. Dermatitis seboroik justru tidak dialami oleh pemilik rambut kering, tapi pemilik rambut berminyak.

Maka dari itu, mari kita mencoba mengenali apakah yang menjadikan kulit kepala menjadi kering dan sehingga menimbulkan beragam gangguan pada kulit kepala maupun gangguan pada rambut. Dengan mengenali penyebabnya maka kita dapat mencegah dan mengatasi gangguan kulit kepala.

Apa yang menjadi penyebab kulit kepala kering

Setiap orang pria maupun wanita punya kondisi kulit kepala yang berbeda, ada yang kering ada yang berminyak. Kenali kondisi kulit kepala anda agar terhindar dari gangguan yang tidak menyenangkan akibat kulit kepala kering. Beberapa hal penyebab kulit kepala kering adalah :

1. Kena suhu dingin secara terus menerus

Bagi anda berada diruangan ber AC ataau di musim dingin, maka kulit kepala bisa menjadi kering akibat berkurangnya minyak alami pada kulit kepala.

2. Eksim

Bisa timbul karena iritasi atau terpapar bahan kimia

3. Dermatitis seboroik

Gangguan ini disebabkan oleh jamur dan peradangan

4. Psoriasis

Penyebabnya adalah gangguan system imunitas dan menyebabkan kulit cepat mengelupas

5. Dehidrasi

Selain menyebabkan gangguan tubuh, juga membuat kulit kepala terhambat produksi minyak alaminya

6. Produk perawatan yang salah

Hal ini  sering terjadi akibat sering ganti produk dan produk perawatan seperti shampoo atau yang lain tidak cocok atau kurang bagus kualitasnya.

Mengatasi Kulit Kepala Kering

Gangguan akibat kulit kepala kering sebenarnya bisa kita atasi dengan baik asalkan kita disiplin memperhatikan pola hidup sehat dan menggunakan produk perawatan rambut yang tepat.  Mari kita simak informasinya :

  1. Pijatan pada kepala. Kondisi stress bisa menyebabkan gangguan kulit kepala, salah satu cara mengatasinya yaitu dengan pijatan kepada kepala sehingga dapat membuat rileks dan mengembalikan kelembaban kepala anda.
  2. Memenuhi kebutuhan vitamin B, membantu mengatasi kulit kepala kering karena vitamin ini berperan untuk membuat kulit kepala menjadi sehat. Temukan dalam sayur dan buah.
  3. Shamppo yang tepat merupakan hal yang penting karena pemicu kulit kepala yang kering salah satunya adalah shampoo. TRESemmé Scalp Care Shampoo adalah produk yang cocok digunakan merawat rambut dan kulit kepala kering.
  4. Hindari dehidrasi, tetap jaga cairan tubuh tetap tercukupi dengan minum air putih yang cukup sehingga tubuh anda terjaga kelembabannya.
  5. Penggunaan alat hairstyling, harus disertai proteksi dan perawatan yang tepat. Karena banyak alat hairstyle menggunakan suhu tinggi dalam penggunaannya sehingga membuat kulit kepala menjadi kering.

Manfaatkan bahan alami disekitar anda

Solusi dalam mengatasi kulit kepala kering tidak selalu harus menggunakan produk mahal ataupun mendatangi klinik kecantikan ternama yang mahal, tetapi kita bisa menemukan bahan alami disekitar kita yang dapat membantu mengatasi kulit kepala kering.

  1. Lidah buaya, dengan mengolah lidah buaya menjadi gel rambut maka khasiatnya adalah mampu untuk melembabkan kulit dan mengatasi kulit kepala kering.
  2. Yoghurt dan telur, merupakan kombinasi yang bagus apabila digunakan sebagai masker untuk merawat kulit kepala. Setelah dipijat perlahan kemudian bilas dengan shampoo.
  3. Tea tree oil, mengandung  sifat antiseptik dan anti jamur sehingga membantu mengatasi masalah gangguan kulit kepala kering akibat jamur dan peradangan. salah satunya seperti rangkaian produk TRESemm√© Scalp Care yang didalamnya ada kandungan tea tree oil.

0 comments:

Post a Comment